Selasa, 25 Januari 2011

Osteoporosis

Gaya Alternatif Atasi Osteoporosis


Menurut National Osteoporosis Foundation (NOF) , minuman susu tetap merupakan sumber kalsium terbaik. Susu dan produknya adalah sumber kalsium yang baik .Sayur-sayuran yang berdaun hijau juga mengandung kalsium . Selain dari makanan alami, suplemen kalsium juga bisa bermamfaat untuk membantu orang yang tak mendapatkan cukup asupan kalsium dari makanan sehari-hari .

Penggaggu Kalsium . Kalau sudah mengkonsumsi cukup kalsium , hindari makanan dan minuman yang mengandung oxalate dan phytate ,karena dapat mengganggu penyerapan kalsium .
. Bayam adalah sayuran yangmengandung oxalate
. Kacang polong mengandung kadar phytate yang tinggi . Namun kadarnya bisa dikurangi dengan merendam selama beberapa jam ,dan buang air rendaman itu . Kemudian masaklah dengan air baru .
. Wheat bran adalah sumber serat yang baik, tapi makanan ini mengurangi penyerapan kalsium dari makanan lain ,karena mengandung oxalate dan phytate yang tinggi . Usahakan mengkonsumsi wheat bran dilakukan 2 jam atau lebih setelah minum suplemen atau mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium.
Pola makan kaya protein hewani yang tinggi garam dan kafein ,juga menurunkan penyerapan 
kalsium. Kebutuhan kalsium lebih tinggi ketika kita mengkonsumsi terlalu banyak protein dan
sodium . 

Namun pada beberapa orang ,terlalu banyakkalsium dapat menyebabkan kemungkinanan terbentuknya batu ginjal . Menurut NOF , konsumsi harian kalsium yang dianjurkan adalah 2000 - 2500 mg per hari .

Alternatif . Olahraga dapat dijadikan alternatif untuk membuat tulang kuat dan lebih padat .Olahraga yang bagus untuk kepadatan tulang adalah latihan beban atau yang membuat anda bergerak melawan gravitasi ,sementara tetap berdiri tegak .

Olahraga atau latihan itu bisa berupa gerakan berdiri mengangkat badan diatas jempol kaki atau mengangkat beban .Atau juga bisa latihan beban mengangkat berat badan sendiri .

Latihan keseimbangan dan yoga bisa jadi pilihan untuk menguatkan tulang dan otot untuk mencegah datangnya osteoporosis .Ann Barros ,instruktur yoga bersetifikat lyngar , telah membuktikan sendiri mamfaat yoga untuk mencegah osteoporosis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar